Sunday, March 7, 2010

Hari Apa Anda Dilahirkan..???

Apa jawaban anda, ketika ada orang yang bertanya : hari apa Anda dilahirkan … ?, mungkin Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, tetapi banyak juga yang tidak dapat menjawab dengan tepat hari apa ia dilahirkan, belum lagi bila pertanyaannya adalah hari apa istri/pacar atau orang tua Anda dilahirkan … ?. Hal ini tidak mengherankan karena pada umumnya kita lebih tahu tanggal, bulan dan tahun bersejarah dalam kehidupan kita, hampir setiap orang tahu tanggal, bulan dan tahun ia dilahirkan.

Dengan menggunakan perhitungan tertentu dimana tanggal dan bulan dikonversikan dalam bentuk bilangan (angka), Anda akan dengan mudah menjawab hari apa Anda dilahirkan. Bahkan kita juga dapat mengetahui hari-hari penting dalam hidup kita.

Berikut penjelasannya :
Buang 2 angka depan tahun kelahiran (yang dipergunakan 2 angka belakang tahun kelahiran).
Urutkan har-hari dalam satu minggu kemudian dikonversikan dalam bentuk bilangan/angka dimulai dengan angka nol (nol) untuk hari Minggu (Minggu : 0, Senin : 1, Selasa : 2, Rabu : 3, Kamis : 4, Jum’at : 5 dan Sabtu : 6).
Selanjutnya kita konversikan nilai dari setiap bulan dalam satu tahun, sebagai berikut :

Tabel Nilai Bulan

Bulan Nilai Bulan Nilai
Januari 0 Juli 6
Februari 3 Agustus 2
Maret 3 September 5
April 6 Oktober 0
Mei 1 November 3
Juni 4 Desember 5

Untuk menentukan hari kelahiran adalah dengan cara : 2 angka terakhir tahun kelahiran dibagi 4 dan buang sisanya tanpa melakukan pembulatan. Selanjutnya hasil yang diperoleh tanpa pembulatan tersebut + 2 angka terakhir tahun kelahiran + tanggal lahir + nilai bulan. Hasilnya bagilah dengan 7, (jumlah hari dalam seminggu). Kini yang harus kita lakukan adalah mengambil sisa pembagian tersebut dan mencocokkannya dengan nilai hari. Bila disederhanakan akan nampak sebagai berikut :

Hari Kelahiran : [(tahun : 4) + tahun + tanggal + nilai bulan] / 7

Untuk tahun yang dapat dibagi 4 secara bulat maka untuk mencari/menghitung hari pada bulan Januari dan Februari (nilai bulan Januari dan Februari dikurangi 1).

Sekarang mari kita mulai, ambil contoh seseorang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hari apa ia dilahirkan ?
Tanggal = 17
Bulan = 2 (sesuai table nilai bulan)
Tahun = 45 (tahun 1945 adalah bukan tahun kabisat/tidak habis dibagi 4)

[ (17 : 4) + 45 + 17 + 2) : 7 ] >>> (4 (sisa 1 diabaikan) + 45 + 17 + 2 ) : 7 >>>  [4 (sisa 1 diabaikan]+ 45 + 17 + 2 ] : 7 >>> 68 : 7 >>> 9 sisa 5

Langkah selanjutnya adalah mencocokkan angka sisa 5 dengan nilai hari >>> diperoleh hari Jum’at. Tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum’at.

Perhitungan diatas hanya berlaku untuk kelahiran di abad 20 saja (1 Januari 1901 s/d 31 Desember 2000), sedangkan bila kelahiran diatas tahun 2000, maka nilai bulan dikurangi dengan 1 (satu).

No comments:

Post a Comment